KOMPUTERISASI AKUNTANSI MYOB

, , No Comments
NAMA KELOMPOK:
AGUSTINA NOVITA SARI (01)
DINDA SINTYA DEWI (08)
ELVINA DAMAYANTI (10)
FATIMAH ZAHRO R (14)
ITA WIDYA PRATIWI (19)

1.      Pengertian Komputer Akuntansi
Komputerisasi akuntansi adalah sebuah sistem akuntansi dimana komputer sebagai teknologi untuk menjalankan aplikasi yang digunakan dalam mengolah transaksi akuntansi dan sekaligus untuk menghasilkan laporan keuangan dalam sebuah perusahaan.

2.      Kelebihanya untuk mempermudah seseorang melakukan perhitungan, kelemahannya , sistem ini hanya dapat dilakukan jika terdapat alat yg dibutuhkan seperti komputeer, dan orang yg mngunakanya harus mengetahui cara kerjanya.
Komputerisasi akuntansi menciptakan keunggulan
1. Data akan menjadi lebih akurat
2. Data dapat dilacak (ditrace)
3. Data dapat dipertanggung jawabkan karena bukti transaksi akan diupload
4. Lebih cepat dan lebih murah 
5. Dapat dijalankan oleh banyak orang 
kelemahannya :1) Harus membutuhkan perangkat keras/lunak
2) kalau terjadi kesalahan membutuhkan waktu yang lama
3) membutuhkan operator yang tau/mengerti tentang komputer Akuntansi
4) dibutuhkan ketelitian/kecermatan 

3. Komponen komputerisasi akuntansi
People : yang mengoperasikan sistem dan melakukan berbagai fungsi.
Procedure : mengumpulkan, memproses, dan menyimpan data yang berhubungan dengan aktivitas organisasi.
Data : kegiatan atau proses bisnis.
Software : memproses data yang ada diorganisasi.

Infrastruktur informasi teknologi : komputer dan peralatan lainnya.

4.     Software aplikasi lain selain MYOB :
1. MOAE ( Microsoft Office Accounting Express). Tampilan antarmuka MOAE ini cukup etail dan sederhana, yang membuatnya mudah digunakan. Contohnya MOAE bisa digunakan untuk mmbuat laporan keuangan dengan sangat baik. Selain itu MOAE juga secara otomatis akan menampilkan laporan lain yang akan kita perlukan untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan.
2. Krishand . kelebihan aplikasi ini adalah kemampuannya untuk menampilkan semua berkas pajak dari yang terlama hingga terbru yang kita simpan, sehingga kita dapa mereviewnya dengan mudah.
3. Zahir Accounting. Aplikasi ini memiliki UI yang user friendly. Fitur yang diberikan juga lengkap, bahkan cenderung paling lengkap dibandingkan dengan yang lain.
4. Omega Accounting. Program ini terdiri dari sistem penjualan  dan pembelian, dan tentu secara otomatis akan membuatkan laporan keuangan. Laporan yang dihasilkan dapat diubah formatnya dan dikelompokkan sesuai kebutuhan.
5. Accurate Accounting. Kelebihan accurate accounting ini yaitu bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan pengguna.
6. Quick Book. Ada lima versi quick book yang bisa dipakai, antara lain manufacturing & whole sale edition, retail edition, accountant edition, dan contractor edition. Software ini memiliki kelebihan seperti dukungannya pada multi user, currency. Laporan yang dihasilkan juga dilengkapi dengan grafik dan analisa yang akan sangat membantu untuk mengerti keadaan keuangan perusahaan.

5. Langkah mengubah format tanggal dan mata uang pada pc
1.       Klik tombol start


2.       Pilih control panel


3.       Lalu klik Region And Language


4.       Lalu pilih menu Formats, pilih Indonesia


5.       Setelah itu klik Apply,

6.       Klik OK


6.     Langkah Membuka Program MYOB

1.       Klik ikon aplikasi MYOB
2.       Lalu terdapat pilihan:
a.       Open, untuk membuka file MYOB yang sudah ada.



b.      Create, untuk membuat file MYOB baru.


7.Fungsimodul-modul pada MYOB :
  •  Account : menu untukmenginput, mengubah, menambah dan menghapus nama-nama perkiraan yang digunakan dalam suatu perusahaan ( dagang, jasa, dan manufaktur ).
  •  Banking :untuk menulis cek yang dikeluarkan ataupun diterima perusahaan. 
  • Sales :untukmencatatseluruh aktivitas yang berkaitan dengan penjualan dan piutang dagang.
  • Time Billing :untuk menvatat informasi aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan yang berhubungan dengan penagihan untuk pegawai, pemasok, atau pelanggan. 
  • Purchase :untukmemasukkan pembelian, mencatat pembelian berulang, menyiapkan pemesanan pembelian, menerima barang dagang yang telah dipesan, memeriksa barang-barang yang dibeli agar sesuai spensifikasi yang dipesan, melakukan pembayaran yang tepat waktu kepada pemasok dan mengelola utang dagang secara rinci dan akurat. 
  • Payroll :untuk mengatur daftar penggajian karyawan dan transaksi-transaksi lain yang berkaitan dengan penggajian. 
  • Inventory :untuk mengelola persediaan secara tepat dan akurat di mana dapat mengecek barang-barang yang dijual dan dengan pengaturan menajemen persediaan yang baik, mengelola jumlah persediaan, nilai nominal suatu barang dagang serat penyusunannya, menetapkan harga jual dan harag beli dan menyediakan atau merakit barang dagangan menjadi satu satuan yang kompleks beserta harga yang ditetapkan. 
  • Card File :untuk melihat daftar orang, karyawan, ataupun perusahaan lain yang berhubungan dengan perusahaan anda. Selain itu juga dapat menambah isi daftar anda bilamana pihak-pihak yang berhubungan dengan bisnis anda bertambah. 

0 comments:

Posting Komentar