1. 1. Komputerisasi
Akuntansi adalah sebuah sistem dimana komputer sebagai teknologi untuk
menjalankan aplikasi yang digunakan dalam mengolah transaksi akuntansi dan
sekaligus untuk menghasilkan laporan keuangan dalam sebuah perusahaan.
2. 2. Kelebihan
penerapan komputerisasi akuntansi :
1. Data akan
menjadi lebih akurat,
2. Data dapat
diacak (ditrace)
3. Data dapat
dipertanggung jawaban karena bukti transaksi akan diupload.
4. Lebih cepat
dan lebih murah
5. Dapat
dijalankan oleh banyak orang.
Kelemahan penerapan komputerisasi akuntansi
:
1. Harus
membutuhkan perangkat keras / lunak.
2. Jika
terjadi kesalahan membutuhkan waktu yang lama.
3. Membutuhkan
operator yang tau / mengerti tentang komputer akuntansi.
4. Dibutuhkan
ketelitian / kecermatan.
3. 3. Tiga
komponen komputerisasi akuntansi :
1. Hardware,
yaitu komponen paling penting dalam sistem komputer karena komputer sendiri
merupakan hardware yang terdiri dari berbagai hardware kecil lainnya. Seperti :
chip, high speed fan, VGA card, motherboard.
2. Software.
Setiap komputer pasti memerlukan software untuk berfungsi. Software yang sangat dibutuhkan yakni sistem operasi.
Komputer membutuhkan sistem operasi untuk
seluruh kegiatannya mulai dari menghidupkannya hingga membuat komputer
yang lain lagi. Seperti : MYOB, ZAHR ACCOUNTING, ACCURATE, MOAE, Krishand ,
Omega accounting, Quick Book, IT Brain Indonesia, EAS (Easy Accounting System).
3. Brainware.
Brainware disini adalah kita sendiri. Dengan kata lain, brainware adalah orang
yang mengoperasikan komputer tersebut. Tanpa dioperasikan oleh manusia, maka komputer
tidak akan berfungsi.
4. Software aplikasi lain selain MYOB :
1. MOAE ( Microsoft Office
Accounting Express). Tampilan antarmuka MOAE ini cukup etail dan sederhana,
yang membuatnya mudah digunakan. Contohnya MOAE bisa digunakan untuk mmbuat laporan
keuangan dengan sangat baik. Selain itu MOAE juga secara otomatis akan
menampilkan laporan lain yang akan kita perlukan untuk mengetahui kondisi
keuangan perusahaan.
2. Krishand . kelebihan aplikasi
ini adalah kemampuannya untuk menampilkan semua berkas pajak dari yang terlama
hingga terbru yang kita simpan, sehingga kita dapa mereviewnya dengan mudah.
3. Zahir Accounting. Aplikasi ini
memiliki UI yang user friendly. Fitur yang diberikan juga lengkap, bahkan
cenderung paling lengkap dibandingkan dengan yang lain.
4. Omega Accounting. Program ini
terdiri dari sistem penjualan dan
pembelian, dan tentu secara otomatis akan membuatkan laporan keuangan. Laporan
yang dihasilkan dapat diubah formatnya dan dikelompokkan sesuai kebutuhan.
5. Accurate Accounting. Kelebihan
accurate accounting ini yaitu bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan pengguna.
6. Quick Book. Ada lima versi quick
book yang bisa dipakai, antara lain manufacturing & whole sale edition,
retail edition, accountant edition, dan contractor edition. Software ini
memiliki kelebihan seperti dukungannya pada multi user, currency. Laporan yang
dihasilkan juga dilengkapi dengan grafik dan analisa yang akan sangat membantu
untuk mengerti keadaan keuangan perusahaan.
5. Langkah-langkahmengubah
format tanggalpadaPC :
a) Kliktampilantanggalpada
taskbar yang adapada monitor
b) Klik
“change date and time setting”
c) Sesuaikandenganwaktu
yang andainginkan, klik “OK”
Langkah-langkahmengubah
format uangpadamyob :
a) MasukkeMyobkemudianklik
“command centre”
b) Klik
“setup” kemudian “preference”
c) Pada menu
“system” akankeluarpilihan “I deal in multiple currencies (system-wide)”
danpilih “ok” kemudian menu preference akanmenutup
d) Pilih menu
“list” kemudianklik “currincies”
e) Cari
“Singapore dollars (local)” , klik 2 kali
f) Ganti currency
code menjadi IDR
g) Currency
name jadi Rupiah
h) Currency
symbol jadi RP diberispasi
6.
langkah-langkah membuka myob :
Klik
start pada windows taskbar kemudian pilih myob edu.
Tersedia
lima tomboluntukmengakses program myob, yaitu :
a) Open :
membuka data perusahaan yang telahdibukasebelumnya
b) Create :
membuat file atau data perusahaanbaru
c) Explore :
membuka file contoh yang disediakanmyob
d) Whats and
news : melihatfiturbarupadamyob
e) Exit :
keluardari program danmengakhirimyob
7.Fungsimodul-modulpadamyob
:
a) Account :
menu untukmenginput, mengubah, menambah dan menghapus nama-nama perkiraan yang digunakan
dalam suatu perusahaan ( dagang, jasa, dan manufaktur ).
b) Banking :untuk menulis cek yang dikeluarkan ataupun diterima perusahaan.
c) Sales :untukmencatatseluruh aktivitas yang berkaitan dengan penjualan dan piutang dagang.
d) Time Billing :untuk menvatat informasi aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan yang
berhubungan dengan penagihan untuk pegawai, pemasok, atau pelanggan.
e) Purchase :untukmemasukkan pembelian, mencatat pembelian berulang, menyiapkan pemesanan
pembelian, menerima barang dagang yang telah dipesan, memeriksa barang-barang
yang dibeli agar sesuai spensifikasi yang dipesan, melakukan pembayaran yang
tepat waktu kepada pemasok dan mengelola utang dagang secara rinci dan
akurat.
f) Payroll :untuk mengatur daftar penggajian karyawan dan transaksi-transaksi lain
yang berkaitan dengan penggajian.
g) Inventory :untuk mengelola persediaan secara tepat dan akurat di mana dapat
mengecek barang-barang yang dijual dan dengan pengaturan menajemen persediaan
yang baik, mengelola jumlah persediaan, nilai nominal suatu barang dagang serat
penyusunannya, menetapkan harga jual dan harag beli dan menyediakan atau
merakit barang dagangan menjadi satu satuan yang kompleks beserta harga yang
ditetapkan.
h) Card File :untuk melihat daftar orang, karyawan, ataupun perusahaan lain yang
berhubungan dengan perusahaan anda. Selain itu juga dapat menambah isi daftar
anda bilamana pihak-pihak yang berhubungan dengan bisnis anda bertambah.
KELOMPOK 5 :
1. Alif Hidayah (03)
2. Alifia Putri Meivia (04)
3. Dewi Ayuningtiyas (07)
4. Olvi Dhea DA (27)
5. Riski Aliffatul A (30)
0 comments:
Posting Komentar