1.
Pengertian komputerisasi
akuntansi
Yaitu sebuah sistem akuntansi dimana komputer sebagai
teknologi untuk menjalankan aplikasi yang digunakan dalam mengolah transaksi
akuntansi dan sekaligus untuk menghasilkan laporan keuangan dalam sebuah
perusahaan.
Di peroleh dari sumber :
2.
Kelebihan dan
kekurangan penerapan komputerisasi akuntansi
Ø Kelebihan dalam mengoperasikan
komputerisasi akuntansi :
1. Data akan menjadi lebih akurat
2. Data dapat dilacak (ditrace)
3. Data dapat dipertanggung jawabkan karena bukti
transaksi akan diupload
4. Lebih cepat dan lebih murah
5. Dapat dijalankan oleh banyak oran
Ø
Kelemahan
mengoperasikan komputerisasi akuntansi :
1) Harus membutuhkan perangkat keras/lunak
2)kalau terjadi
kesalahan membutuhkan waktu yang lama
3) membutuhkan operator yang tau/mengerti tentang
komputer Akuntansi
4) dibutuhkan ketelitian/kecermatan
Berasal dari sumber :
3.
Tiga komponen
dalam komputerisasi akuntansi
a)
Hardware
(perangkat keras)
Kualitas
komponen hardware yang digunakan harus asli (original) yang dapat
diintegrasikan dengan software yang akan digunakan. Spesifikasi hardware yang
dipilih untuk sistem informasi akuntansi yang diterapkan harus disesuaikan
dengan kemampuan, situasi, kondisi dan kebutuhan manajemen perusahaan, serta
sumber daya manusia yang tersedia di perusahaan tersebut yang akan menjalankan
sistem informasi akuntansi tersebut. Hardware sendiri terdiri dari:




b)
Perangkat Lunak
(Software)
Dalam memilih software apa yang akan dipakai akan lebih baik memilih
dulu sistem operasi apa yang akan digunakan sesuai dengan aplikasi yang akan
dioperasikan. Software yang berkualitas adalah software yang berbasis jaringan
yang banyak digunakan oleh orang dan perusahaan pada umumnya.
Software dikelompokan menjadi dua kelompok berdasarkan fungsinya yaitu:


c)
Brainware
(manusia)
Orang yang memiliki, membangun dan menjalankan sistem informasi
akuntansi. Istilah orang disini bukan sembarang orang dalam arti wujudnya orang
akan tetapi orang yang memiliki kompetensi (ilmu pengetahuan dan keterampilan
atau keahlian). Misalnya, Programer yaitu membuat atau menyempurnakan program
komputer yang digunakan saat ini. Programer harus memiliki kompetensi (ilmu
pengetahuan dan keterampilan atau keahlian) dan sesuai dengan jenjangnya
mengenai sistem informasi, memiliki pendidikan minimal D3 ilmu komputer dan informasi,
atau berpengalaman di bidang komputer akuntansi. Brainware dikelompokan sebagai
berikut:
a. Manajer
sistem informasi (manajemen/akuntansi)
b. Analis
sistem
c. Ahli
komunikasi
d.
Administrator database
e. Programer
f. Operator
g. Pustakaw
Berasal dari sumber :
4.
Software
akuntansilain selain MYOB
a)
Microsoft Office
Accounting Express (MOAE)
MOAE
sebenarnya merupakan program promosi dari MOAP (Microsoft Office
Accounting Professional), sehingga anda
bisa mendapatkannya secara gratis. Namun, meskipun hanya sebuah program promosi
gratis, MOAE cukup dapat diandalkan.
Tampilan antarmuka MOAE cukup detail dan sederhana,
yang membuatnya mudah digunakan. Untuk membuat laporan keuangan anda bisa
langsung menginput data transaksi dari nota, faktur, dkk tanpa perlu terlebih
dahulu membuat jurnalnya. Sangat mudah, bahkan jika anda tidak mengerti
akuntansi, dengan bantuan MOAE ada bisa membuat laporan keuangan dengan sangat
baik.
Selain laporan keuangan, MOAE juga secara otomatis
akan menampilkan laporan lain yang akan kita perlukan untuk mengetahui kondisi
keuangan perusahaan. Kekurangan MOAE ada pada fitur perpajakannya yang tidak
memfasilitasi peraturan perpajakan di negri kita. Overall, MOAE sangat
recommended untuk anda yang membutuhkan software akuntansi namun hanya memiliki
budget Rp. 0,-
b)
Krishand
Jika
anda membutuhkan software untuk membantu anda dalam hal pelaporan pajak, maka
Krishand jawabannya. Sofware yang mengkhususkan diri pada pelaporan pajak ini
menyediakan formulir pajak yang sesuai dengan peraturan pajak terbaru di negri
kita, sehingga anda tidak perlu lagi repot-repot menggunakan blanko pajak.
Krishand dapat menghemat waktu anda dengan membantu membuatkan laporan pajak
yang akurat secara efektif dan efisien. Kelebihan lain
Krishand adalah kemampuannya untuk menampilkan semua berkas
pajak dari yang terlama hingga terbaru yang kita simpan, sehingga kita dapat
mereviewnya dengan mudah. Degan fasilitas tersebut, anda juga tidak perlu lagi
repot-repot membongkar gudang arsip untuk dapat menemukant arsip penting yang
anda cari.
Selain laporan pajak, Krishand juga bisa digunakan
untuk membuat laporan lain, jadi anda tidak perlu menggunakan dua buah software
untuk membuat laporan keuangan perusahaan anda. Kelemahan
Krishand ada pada usabilitasnya yang kurang baik, serta
permasalahan kepemilikannya.
c)
Zahir Accounting
Sama
seperti software akuntansi lain pada daftar ini, Zahir Accounting memiliki UI
yang user friendly. Fitur yang diberikan juga lengkap, bahkan cenderung paling
lengkap dibandingkan dengan yang lain. Kelebihan Zahir
Accounting adalah pada faktur dan laporannya yang bisa
dimodifikasi sesuai kebutuhan pengguna. Selain laporannya, fasilitas dan
kapasitas program Zahir juga dapat disesuaikan. Jadi saat membeli software ini
anda bisa memilih untuk hanya membeli paket standar dengan tambahan fasilitas
tertentu, yang sesuai dengan kebutuhan anda. Selain membuat harganya lebih
murah, software juga akan lebih ‘ramping’ karena tidak dibebani fitur-fitur
yang tidak berguna untuk anda.
Satu lagi kelebihan Zahir adalah analisa laporan
keuangan yang diberikannya. Dengan berbagai analisa yang diberikan software
ini, anda tentu akan terbantu dalam mengambil keputusan bisnis. Kekurangan Zahir Accounting ada pada harga
lisensinya yang cukup mahal, dan hanya memiliki satu mata uang. Satu lagi,
dalam perhitungan biaya persatuan seperti biaya perjam, perburuh, dkk; tidak
akan dihitung secara otomatis.
Berasal dari sumber :
5.
Langkah – langkah
mengubah format tanggaldan mata uang pada pc
a)
Klik start
![]() |
b)
Klik control panel

c)
![]() |
Klik date, time, language and regional options
d)
Klik regional and languge option
![]() |
e)
![]() |
Pilih indonesia dan klik oke
f)
Klik date and time

g)
Perbaiki sesuai kehendak lalu klik oke
![]() |
6.
Langkah – langkah
membuka program MYOB
a)
Yang pertama kita
harus mempastikan mempunyai aplikasi MYOB
b)
Jika kita sudah mempunyai aplikasi MYOB, maka kita bisa langsung klik
aplikasi MYOB atau dobel klik pada ikon MYOB di layar computer seperti gambar
di bawah ini,
![]() |
c)
Setelah itu akan muncul tampilan gambar
seperti di bawah ini,
![]() |
v Open : Digunakan untuk membuka
data perusahaan yang baru
v Create : Untuk membuat file atau
data perusahaan yang baru
Jika ingin membuat data baru :
d)
Klik create

Klik next pada
tampilan welcome windows
a.
Pada tampilan pertama akan muncul seperti ini,

b.
Ketik identitaas perusahaan. Kolom isian yang tidak boleh
dikosongkan adalah nama perusahaan (company name). Jika sudah selesai klik next

c.
Ketik periode akuntansi , sesuai dengan kasus yang ada.
Kemudian klik next

d.
Periksa kembali periode akuntansi. Bila ada yang salah, klik
back dan betulkan data yang salah tersebut. Apabila data sudah benar, klik next

Peringatan :
Kesalahan input data periode akuntansi bisa berakibat fatal. Kesalahan ini
tidak dapat diperbaiki ditengah atau diakhir proses. Pekerjaan yang telah anda
lakukan menjadi sia – sia karena harus diulang dari awal.
e.
Pada penyusunana daftar akun pilih cara kedua yaitu mengimport daftar akun dari
sebuah file dan klik next untuk meneruskan.

f.
Klik change untuk mengubah nama file dan nama folder

g.
Buat folder data MYOB dalam folder dokument dan kemudian klik folder tersebut. Ketik nama file sesuai
kehendak lalu klik save.

h.
Klik next untuk memproses penyimpana file, tunggu beberapa
saat, kemudian klik commant centre lalu akan muncul gambar seperti dibawah ini

Selanjutnya
fungsi menu yang lain pada aplikasi MYOB :
v Explore : Untuk membuka file contoh yang telah disediakan oleh MYOB.
v What and news : Untuk melihat fitur-fitur baru pada
MYOB.
Berasal dari
sumber : (screenshoot sendiri)
7.
Fungsi modul – modul atau menu pada MYOB
Ø Menu Account
Menu yang digunakan untuk
menginput, mengubah, menambah dan menghapus nama-nama perkiraan yang digunakan
dalam suatu perusahaan ( dagang, jasa, dan manufaktur ).
Fungsi dari menu account
adalah untuk :
þ Untuk membuka jendela
Account List yang memuat informasi account yang sudah disediakan myob17.
þ Membuka jendela Record
Journal Entry, di mana dapat memasukkan transaksi-transaksi sesuai dengan
pembacaan jurnal umum.
þ Untuk membuka jendela
Transaction Journal, di mana dapat melihat informasi atas seluruh transaksi
sesuai dengan tanggal yang telah ditentukan.
þ Untuk menampilkan jendela
Baslink, di mana kita dapat menetapkan bussines account statement ( Pernyataan
jenis bisnis ).
þ Untuk menampilkan jendela
Send To Myob Account Office, dimana kita dapat menyimpan laporan keuangan
perusahaan atau mengirim selalu e-mail.
Ø Menu Banking
Model yang digunakan untuk menulis cek
yang dikeluarkan ataupun diterima perusahaan.
Fungsi menu-menu pada
banking adalah :
þ Spend money
Dapat digunakan untuk
mencatat atau memasukkan beberapa penarikan cek dari akun-akun cek.
þ Reconcile account
Dapat merekonsiliasi /
mencocokkan catatan bank dengan catatan perusahaan.
þ Receive money
Dapat mencatat atau
memasukkan penerimaan dana yang melalui cek.
þ Print cheques
Dapat mencetak cek-cek yang
anda buat dari jendela spend money
þ Transaction journal
Dapat melihat semua
pengeluaran kas yang telah anda lakukan
þ Prepare electronic payments
Dapat menyimpan transaksi
yang berhubungan dengan payments
þ Prepare bank deposit
Dapat menyimpan transaksi
yang berhubungan dengan penerimaan dana melalui cek.
Ø Menu sales
Seluruh aktivitas yang
berkaitan dengan penjualan dan piutang dagang.
Fungsi menu-menu pada sales
adalah :
þ Sales register
Dapat melihat daftar-daftar
penjualan, penerimaan dari penjualan, retur penjualan, dan daftar lain yang
berhubungan dengan penjualan.
þ Enter sales
Dapat mencatat transaksi
penjualan yang sedang berlangsung baik secara tunai maupun kredit.
þ Receive payments
Dapat mencatat penerimaan
dari penjualan dan piutang usaha dari konsumen yang dibayar kepada perusahaan.
þ Print statements
Dapat mencetak faktur-faktur
penjualan yang belum terbayar
þ Print invoices
Dapat mencetak faktur-faktur
penjualan yang anda catat di sales – new service.
þ Transaction journal
Dapat melihat rincian jurnal
pada tabulasi sales.
Ø Menu Time Billing
Modul yang digunakan untuk
menvatat informasi aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan yang berhubungan
dengan penagihan untuk pegawai, pemasok, atau pelanggan.
Fungsi menu-menu pada Time
Billing adalah :
þ Activities list
Dapat membuat informasi yang
dilakukan perusahaan
þ Enter activity slip
Dapat mencatat slip
aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan sebagai catatan atau arsip
þ Activity log
Dapat menampilkan dan
meninjau informasi aktivitas yang telah dicatat oleh perusahaan
þ Prepare time billing invoice
Dapat mencetak faktur-faktur
penagihan untuk pelanggan
þ Transaction journal
Dapat melihat rincian jurnal
pembayaran atau penagihan dari pelanggan pada tabulasi sales.
Ø Menu Purchase
Modul yang dapat memasukkan
pembelian, mencatat pembelian berulang, menyiapkan pemesanan pembelian,
menerima barang dagang yang telah dipesan, memeriksa barang-barang yang dibeli
agar sesuai spensifikasi yang dipesan, melakukan pembayaran yang tepat waktu
kepada pemasok dan mengelola utang dagang secara rinci dan akurat.
Fungsi menu-menu pada
purchase adalah :
þ Preapare electronic payment
Dapat memproses pembayaran
atas pembelian
þ Enter purchase
Dapat mencatat transaksi
pembelian yang sedang berlansung baik secara tunai maupu kredit
þ Paybills
Dapat mencatat
pembayaran-pembayaran dari pembelian yang belum terbayar (utang usaha) kepada
pemasok
þ PrintPurchase Orders
Dapat mencetak faktur-faktur
pembelian yang belum terbayar
þ Print Cheque
Dapat mencetak cek yang
berhubungan dengan pembelian, pembayaran utang, serta retur pembelian
þ Purchase register
Dapat melihat hasil
pencatatan pembayaran pembelian, dan retur pembelian
þ Transaction journal
Dapat melihat rincian jurnal
pembayaran atau penagihan dari pelanggan pada tabulasi purchase.
Ø Menu Payroll
Modul yang digunakan untuk
mengatur daftar penggajian karyawan dan transaksi-transaksi lain yang berkaitan
dengan penggajian.
Fungsi menu-menu pada
payroll adalah :
þ Payroll categeories
Dapat membuat dan mengedit
kategori-kategori gaji
þ Pay employee
Dapat mencatat dan mengedit
gaji karyawan
þ Print paycheque
Dapat mencetak cek yang
berhubungan dengan penggajian
þ Print payment summaries
Dapat mencetak faktur-faktur
pembelian yang belum terbayar
þ Prepare electric payments
Dapat memproses pembayaran
karyawan, uatang, dan pembayaran lain yang melalui cek
þ Transaction journal
Dapat melihat rincian jurnal
pembayaran atau penagihan dari pelanggan pada tabulasi disbursement
Ø Menu Inventory
Menu program yang digunakan
untuk mengelola persediaan secara tepat dan akurat di mana dapat mengecek
barang-barang yang dijual dan dengan pengaturan menajemen persediaan yang baik,
mengelola jumlah persediaan, nilai nominal suatu barang dagang serat
penyusunannya, menetapkan harga jual dan harag beli dan menyediakan atau
merakit barang dagangan menjadi satu satuan yang kompleks beserta harga yang
ditetapkan.
Fungsi menu-menu pada
inventory adalah :
þ Set item prices
Digunakan untuk menetapkan
harga jual suatu barang persediaan ( termasuk keuntungan )
þ Item list
Digunakan untuk melihat
barang-barang persediaan
þ Count inventory
Digunakan untuk memasukkan
hasil perhitungan fisik persediaan atau untuk melakukan penyesuaian nilai dan
kuantitas sejumlah item persediaan
þ Adjust inventory
Digunakan untuk melakukan
penyesuaian atas nilai dan kuantitas item-item persediaan
þ Transfer inventory
Digunakan untuk melakukan
transfer kuantitas dan nilai antar item-item persediaan
þ Auto-build inventory
Digunakan untuk merakit item
akhir dari sejumlah komponen
þ Transaction journal
Digunakan untuk melihat
perkiraan-perkiraan yang berhubungan dengan keluar masuknya persediaan
þ Item register
Digunakan untuk menampilkan
item-item persediaan barang baik keseluruhan maupun per item.
Ø Menu Card File
Menu yang digunakan uantuk
melihat daftar orang, karyawan, ataupun perusahaan lain yang berhubungan dengan
perusahaan anda. Selain itu juga dapat menambah isi daftar anda bilamana
pihak-pihak yang berhubungan dengan bisnis anda bertambah.
Fungsi menu-menu pada card
file adalah :
þ Card list
Digunakan untuk membuat
daftar nama orang atau perusahaan yang sering berhubungan dengan bisnis anda
dan dapat melihat daftar rincian kartu yang pernah anda buat
þ Contac log
Dapat melihat ringkasan dari
seluruh kontak yang anda lakukan
þ Print mailing labels
Dapat menetapkan dan
mencetak file mailaing labels untuk individu atau perusahaan awal yang terdapat
pada file kartu
þ Create personalized letters
Dapat membuat file mail
marge yang berisi informasi tentang orang atau perusahaan pada file kartu.
Berasal dari sumber :
NAMA ANGGOTA KELOMPOK :
DESI INDAH BERLIAN (06)
DWI NUGRAINI (09)
FITRI MAULAYA (17) KETUA
INDAH LESTARI (18)
NOVANDA DIFANDITA WULANDARI (25)
ULLA USWATUL SOLIHA (34)
0 comments:
Posting Komentar