1. Jelaskan pengertian komputerisasi akuntansi
Komputerisasi akuntansi adalah sebuah sistem
akuntansi dimana komputer sebagai teknologi untuk menjalankan aplikasi yang
digunakan dalam mengolah transaksi akuntansi dan sekaligus untuk menghasilkan
laporan keuangan dalam sebuah perusahaan.
2.
Sebutkan
kelemahan dan kelebihan penerapan komputerisasi akuntansi
-Kelebihan Penerapan
Komputerisasi Akuntansi
a. User friendly ( mudah digunakan )
bahkan oleh orang awam yang tidak mempunyai pengetahuan mendasar tentang
akuntansi.
b. Tingkat keamanan yang ukup valid untuk
setiap user.
c. Kemampuan eksplorasi semua laporan ke
program excel tanpa melalui proses ekspor/impor file yang merepotkan.
d. Kemampuan trash back semua laporan ke
sumber dokumen dan sumber transaksi.
e. Dapat diaplikasikan untuk IOS jenis
perusahaan yang telah direkomendasikan.
f. Menampilkan laporan keuangan
komparasi ( perbandingan, serta menampilkan analisis laporan dalam bentuk gafik
).
g. Mudah dipahami dan digunakan bisa diajarkan kepada semua SMK/SMA
dan mahasiswa maupun dipelajari oleh user secara mandiri untuk aplikasi
langsung dalam pengolahan perusahaan.
h. Bisa ditetapkan unuk jenis usaha yang
ada di Indonesia, baik untuk skala kecil, menengah dan besar.
-Kekurangan
Penerapan Komputerisasi Akuntansi
a. Tidak ada module fixed assets, sehingga
apabila perusahaa memerlukan modul untuk mengelola assets yang dimiliki maka
harus membeli add on lagi.
b. Tidak ada module intercompany
reporting, sehingga apabila perusahaan memerlukan modul untuk membuat laporan
keuangan konsolidasi maka harus membeli add on lagi.
c. Kelemahan multi ware house yang
mengakibatkan pengolahan atas barang konsinyasi relatif sulit dikelola di dalam
MYOB.
d. Tidak dapat digunakan untuk mengelola
perusahaan dengan multi company artinya laporan konsolidasi tidak dapat
diharapkan dapat dibuat dengan MYOB.
e. Data base myob merupakan file based
sehingga kurang optimal jika digunakan untuk transaksiyang besar dan kompeks.
Isu terbaru MYOB akan menggunakan server based untuk databasednya sehingga optimalisasi
data lebih realistis
3. Jelaskan tiga
komponen dalm komputerisasi akuntansi
Sitem informasi
akuntansi terdiri dari 5 komponen, yaitu :
1. Orang-orang yang mengoperasikan sistem
tersebut dan melaksanakan berbagai fungsi.
2. Prosedur-prosedur baik manual maupun
yang terotomatisasi, yang dilibatkan dalam mengumpulkan, memperoses, dan
menyimpan data tentang aktivitas-aktivitas organisasi.
3. Data tentang proses-proses bisnis
organisasi.
4. Software yang dipakai untuk memproses
data dan organissi.
5. Infrastruktur teknologi informasi,
termasuk komputer, peralatan pendukung ( perip heral device ) dan peralatan
untuk komunikasi jaringan.
4.
Jelaskan software akuntansi lain selain MYOB minimal 3
1.ACCURATE V3
Standard
Software
akuntansi dengan modul Account Payable, Account Receivable, Inventory, dan
General Ledger yang terintegrasi. Dalam versi Standard, kami memberikan 2 (dua)
license. Artinya, 2 user/client bisa menginput ke dalam 1 (satu) database dalam
waktu yang bersamaan. Ada banyak fitur yang tersedia di Accurate 3. Fitur besar
yang terdapat di versi ini adalah:
1. Pajak masukan di modul pembelian (Purchase
order dan Purchase Invoice)
2. Harga satuan yang termasuk pajak (Inclusive
Tax) di semua form yang ada hubungan dengan pajak (PPN).
3. Template untuk semua form dengan designer
yang lebih mudah dan field-field yang lebih lengkap
4. Ongkos kirim (Freight) untuk modul
pembelian dan penjualan
5. Sepuluh buah custom field yang tersedia di
semua form yang berhubungan dengan item.
6. Perhitungan komisi Saleman yang lebih
lengkap.
7. Penambahan modul Rekonsiliasi Bank.
2. Software
akuntansi Pos
Untuk para
pengusaha retail dapat menggunakan software ini. Fungsi dari software akuntansi
Pos Versi 5.1 adalah sebagai software kasir yang dirancang khusus dengan
menonjolkan kemudahan dalam pengoprasiannya sekaligus mengoptimalkan efisiensi
dan efektifitas pekerjaan anda.
3. Payroll
software
akuntansi Payroll Versi.1.0 ialah software akuntansi yang berguna untuk
pengelolaan data-data karyawan sekaligus mengelola sistem penggajian para
karyawan, mencetak pay slip (slip gaji), penghitungan pajak karyawan sampai
dengan proses pembuatan laporan pajak semua dilakukan secara otomatis dan
sistematis.
4. SAGE ACCPAC
ERP
Adalah sebuah
sistem akuntansi yang dikembangkan dengan arsitektur kelas dunia dan telah
memenangkan berbagai penghargaan. Didesain untuk memenuhi kebutuhan perusahaan
baik besar maupun kecil, Sage Accpac ERP dapat dijalankan dengan menggunakan
berbagai pilihan database. Sage Accpac ERP memenuhi kebutuhan perusahaan akan
suatu aplikasi manajemen bisnis end-to-end yang terintegrasi penuh. Sage Accpac
ERP memberikan fungsionalitas kerja yang lebih baik dengan kinerja yang tinggi
dan kebebasan pilihan bagi penggunanya.
5. MYOB
ACCOUNTING 17
MYOB (Mind Your
Own Business) Accounting merupakan
software olah data akuntansi secara terpadu (integrated software), yaitu proses
pencatatan data transaksi akuntansi dilakukan dengan cara mengentri data
transaksi melalui media formulir yang terdapat dalam command centre, kemudian
program MYOB akan memproses secara otomatis, cepat, tepat, dan terpadu ke dalam
seluruh catatan akuntansi dan berakhir dengan laporan keuangan. MYOB Accounting
dapat diterapkan pada berbagai jenis perusahaan, baik bidang jasa, dagang
(retail) maupun industri (pengolahan), dan pertanian serta usaha-usaha yang
lain.
Software ini
dibuat oleh MYOB Limited Australia dan sudah dipakai di berbagai Negara, baik
di Eropa, Amerika, Kanada, dan Asia.
6. K-SYSTEM
INDONESIA
K-System
Indonesia adalah program terpadu operasional dan akuntansi yang di design
khusus untuk kondisi Indonesia. Banyak perusahaan ingin melakukan komputerisasi
karena dapat mempercepat operasional dan mempermudah kontrol. Data cukup diisi 1x
dibagian operasional, faktur dicetak dari komputer dan proses pembukuan
selanjutnya secara otomatis dikerjakan oleh komputer. Laporan yang
dibutuhkanpun tersedia setiap saat.
7.KRISHAND
merupakan
software database yang membantu Anda di
dalam mempersiapkan formulir-formulir pajak. Dengan menggunakan software ini,
persiapan pelaporan pajak Anda menjadi praktis dan efisien tanpa perlu
dipusingkan oleh masalah-masalah seperti salah hitung, salah ketik ataupun
kesalahan sepele lainnya. Software Krishand bukan hanya sekedar software
pelaporan pajak, tetapi memberikan nilai lebih dari itu. Banyak laporan
internal yang disediakan untuk membantu Anda menganalisa data yang telah
diinput. Untuk membantu Anda melakukan pekerjaan seminimal mungkin, software
Krishand dapat dimodifikasi untuk disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda seperti setting
print out pada blanko SSP atau Faktur Pajak, impor data penjualan untuk
pembuatan Faktur Pajak secara otomatis, impor data Faktur Pajak Keluaran maupun
Masukan dari file Excel, impor data PPh untuk pembuatan Bukti.
8. EZ
TrackMoney
EZ
TrackMoney adalah software untuk
mengelola keuangan pribadi dan keluarga.
Dengan software
ini anda dapat mencatat pemasukan dan pengeluaran, hutang, piutang, aset serta
investasi anda. Anda juga dapat membuat anggaran keuangan, melakukan
perencanaan keuangan, dan juga melihat neraca keuangan keluarga anda.
Selain itu
software ini juga dilengkapi dengan penasihat keuangan serta kalkulator
finansial. Penasihat keuangan akan menampilkan kondisi keuangan anda antara
lain total aset, total hutang, total pendapatan, kekayaan bersih, biaya hidup
perbulan dll, dan selanjutnya akan memberikan analisa dan saran terhadap rasio
keuangan anda.
Sedangkan
kalkulator finansial berisikan kalkulator untuk menghitung dana pendidikan,
dana pensiun, nilai uang, nilai investasi, kredit pinjaman dan zakat.
Software ini
merupakan paket aplikasi hasil karya Indonesia yang handal, mudah dan dengan
harga terjangkau serta tidak kalah dengan Software Manajemen keuangan pribadi
lainnya khususnya software sejenis dari luar negeri.
5.Jelaskan langkah langkah mengumbah format tanggal dan mata uang
pada PC kalian
1. . Klik Setting
kemudian pilih Control Panel, Klik Clock, Language and Regional Options seperti
pada gambar berikut ini.

2. Klik Clock, Language
and Regional, kemudian pilih Region.

3. Kemudian
pilih Indonesia, lalu klik OK

6.jelaskan
langakh langkah membuka program MYOB
MEMBUKA DAN
MENUTUP APLIKASI KOMPUTER AKUNTANSI
1.Klik
Start MYOB Accounting Plus Versi 18
atau double klik pada ikon MYOB dilayar komputer.

2. Sedangkan
untuk menutup aplikasi MYOB dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut


7. Fungsi
Modul-Modul atau Menu Pada Myob
a. Menu Account
Pengertian
Menu account
adalah menu yang digunakan untuk menginput, mengubah, menambah dan menghapus
nama-nama perkiraan yang digunakan dalam suatu perusahaan ( dagang, jasa, dan
manufaktur ).
Fungsi
Fungsi dari
menu account adalah untuk :
• Untuk membuka
jendela Account List yang memuat informasi account yang sudah disediakan
myob17.
• Membuka
jendela Record Journal Entry, di mana dapat memasukkan transaksi-transaksi
sesuai dengan pembacaan jurnal umum.
• Untuk membuka
jendela Transaction Journal, di mana dapat melihat informasi atas seluruh
transaksi sesuai dengan tanggal yang telah ditentukan.
• Untuk
menampilkan jendela Baslink, di mana kita dapat menetapkan bussines account
statement ( Pernyataan jenis bisnis ).
• Untuk
menampilkan jendela Send To Myob Account Office, dimana kita dapat menyimpan
laporan keuangan perusahaan atau mengirim selalu e-mail.
b. Menu Banking
Pengertian
Banking adalah
model yang digunakan untuk menulis cek yang dikeluarkan ataupun diterima
perusahaan.
Fungsi
Fungsi
menu-menu pada banking adalah :
• Spend money
Dapat digunakan
untuk mencatat atau memasukkan beberapa penarikan cek dari akun-akun cek.
• Reconcile
account
Dapat
merekonsiliasi / mencocokkan catatan bank dengan catatan perusahaan.
• Receive money
Dapat mencatat
atau memasukkan penerimaan dana yang melalui cek.
• Print cheques
Dapat mencetak
cek-cek yang anda buat dari jendela spend money
• Transaction
journal
Dapat melihat
semua pengeluaran kas yang telah anda lakukan
• Prepare
electronic payments
Dapat menyimpan
transaksi yang berhubungan dengan payments
• Prepare bank
deposit
Dapat menyimpan
transaksi yang berhubungan dengan penerimaan dana melalui cek.
c. Menu sales
Sales adalah
seluruh aktivitas yang berkaitan dengan penjualan dan piutang dagang.
Fungsi
Fungsi
menu-menu pada sales adalah :
• Sales
register
Dapat melihat
daftar-daftar penjualan, penerimaan dari penjualan, retur penjualan, dan daftar
lain yang berhubungan dengan penjualan.
• Enter sales
Dapat mencatat
transaksi penjualan yang sedang berlangsung baik secara tunai maupun kredit.
• Receive
payments
Dapat mencatat
penerimaan dari penjualan dan piutang usaha dari konsumen yang dibayar kepada
perusahaan.
• Print
statements
Dapat mencetak
faktur-faktur penjualan yang belum terbayar
• Print
invoices
Dapat mencetak
faktur-faktur penjualan yang anda catat di sales – new service.
• Transaction
journal
Dapat melihat
rincian jurnal pada tabulasi sales.
d. Menu Time
Billing
Pengertian
Time billing
adalah modul yang digunakan untuk menvatat informasi aktivitas yang dilakukan
oleh perusahaan yang berhubungan dengan penagihan untuk pegawai, pemasok, atau
pelanggan.
Fungsi
Fungsi
menu-menu pada Time Billing adalah :
• Activities
list
Dapat membuat
informasi yang dilakukan perusahaan
• Enter
activity slip
Dapat mencatat
slip aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan sebagai catatan atau arsip
• Activity log
Dapat
menampilkan dan meninjau informasi aktivitas yang telah dicatat oleh perusahaan
• Prepare time
billing invoice
Dapat mencetak
faktur-faktur penagihan untuk pelanggan
• Transaction
journal
Dapat melihat
rincian jurnal pembayaran atau penagihan dari pelanggan pada tabulasi sales.
e. Menu
Purchase
Pengertian
Purchase adalah
modul yang dapat memasukkan pembelian, mencatat pembelian berulang, menyiapkan
pemesanan pembelian, menerima barang dagang yang telah dipesan, memeriksa
barang-barang yang dibeli agar sesuai spensifikasi yang dipesan, melakukan
pembayaran yang tepat waktu kepada pemasok dan mengelola utang dagang secara
rinci dan akurat.
Fungsi
Fungsi
menu-menu pada purchase adalah :
• Preapare
electronic payment
Dapat memproses
pembayaran atas pembelian
• Enter
purchase
Dapat mencatat
transaksi pembelian yang sedang berlansung baik secara tunai maupu kredit
• Paybills
Dapat mencatat
pembayaran-pembayaran dari pembelian yang belum terbayar (utang usaha) kepada
pemasok
• Print
Purchase Orders
Dapat mencetak
faktur-faktur pembelian yang belum terbayar
• Print Cheque
Dapat mencetak
cek yang berhubungan dengan pembelian, pembayaran utang, serta retur pembelian
• Purchase
register
Dapat melihat
hasil pencatatan pembayaran pembelian, dan retur pembelian
• Transaction
journal
Dapat melihat
rincian jurnal pembayaran atau penagihan dari pelanggan pada tabulasi purchase.
f. Menu Payroll
Pengertian
Payroll adalah
modul yang digunakan untuk mengatur daftar penggajian karyawan dan
transaksi-transaksi lain yang berkaitan dengan penggajian.
Fungsi
Fungsi
menu-menu pada payroll adalah :
• Payroll
categeories
Dapat membuat
dan mengedit kategori-kategori gaji
• Pay employee
Dapat mencatat
dan mengedit gaji karyawan
• Print paycheque
Dapat mencetak
cek yang berhubungan dengan penggajian
• Print payment
summaries
Dapat mencetak
faktur-faktur pembelian yang belum terbayar
• Prepare
electric payments
Dapat memproses
pembayaran karyawan, uatang, dan pembayaran lain yang melalui cek
• Transaction
journal
Dapat melihat
rincian jurnal pembayaran atau penagihan dari pelanggan pada tabulasi
disbursement
g. Menu
Inventory
Pengertian
Merupakan menu
program yang digunakan untuk mengelola persediaan secara tepat dan akurat di
mana dapat mengecek barang-barang yang dijual dan dengan pengaturan menajemen
persediaan yang baik, mengelola jumlah persediaan, nilai nominal suatu barang
dagang serat penyusunannya, menetapkan harga jual dan harag beli dan
menyediakan atau merakit barang dagangan menjadi satu satuan yang kompleks
beserta harga yang ditetapkan.
Fungsi
Fungsi
menu-menu pada inventory adalah :
• Set item
prices
Digunakan untuk
menetapkan harga jual suatu barang persediaan ( termasuk keuntungan )
• Item list
Digunakan untuk
melihat barang-barang persediaan
• Count
inventory
Digunakan untuk
memasukkan hasil perhitungan fisik persediaan atau untuk melakukan penyesuaian
nilai dan kuantitas sejumlah item persediaan
• Adjust
inventory
Digunakan untuk
melakukan penyesuaian atas nilai dan kuantitas item-item persediaan
• Transfer
inventory
Digunakan untuk
melakukan transfer kuantitas dan nilai antar item-item persediaan
• Auto-build
inventory
Digunakan untuk
merakit item akhir dari sejumlah komponen
• Transaction
journal
Digunakan untuk
melihat perkiraan-perkiraan yang berhubungan dengan keluar masuknya persediaan
• Item register
Digunakan untuk
menampilkan item-item persediaan barang baik keseluruhan maupun per item.
h. Menu Card
File
Pengertian
Adalah menu
yang digunakan uantuk melihat daftar orang, karyawan, ataupun perusahaan lain
yang berhubungan dengan perusahaan anda. Selain itu juga dapat menambah isi
daftar anda bilamana pihak-pihak yang berhubungan dengan bisnis anda bertambah.
Fungsi
Fungsi
menu-menu pada card file adalah :
• Card list
Digunakan untuk
membuat daftar nama orang atau perusahaan yang sering berhubungan dengan bisnis
anda dan dapat melihat daftar rincian kartu yang pernah anda buat
• Contac log
Dapat melihat
ringkasan dari seluruh kontak yang anda lakukan
• Print mailing
labels
Dapat
menetapkan dan mencetak file mailaing labels untuk individu atau perusahaan
awal yang terdapat pada file kartu
• Create
personalized letters
Dapat membuat
file mail marge yang berisi informasi tentang orang atau perusahaan pada file
kartu.
KELOMPOK 3 :
1. ALFINA NINGSIH
2. ERVINA AYU FATMASARI
3. KRISNA SETYOWATI
4. RINDI WAHYU RAHMA PUTRI
5. SEPTIYAH DEWI RANTIKA
KELAS:
XI AKUNTANSI 3
0 comments:
Posting Komentar