NAMA KELOMPOK
ANGGOTA :
ERVIANA YULIANTI (12)
FARHANA NAZIL (13)
FATMA YADZA SYUHAZA MAINISA(14)
NISAUL MAGFIROH(24)
NUR AINI(27)
KELAS :XI AK 3
1. Jelaskan pengertian komputerisasi akuntansi
Komputerisasi akuntansi adalah sebuah sistem
akuntansi dimana komputer sebagai teknologi untuk menjalankan aplikasi yang
digunakan dalam mengolah transaksi akuntansi dan sekaligus untuk menghasilkan
laporan keuangan dalam sebuah perusahaan.
2. Sebutkan kelemahan dan kelebihan penerapan komputerisasi
akuntansi
Komputerisasi akuntansi menciptakan
keunggulan
1. Data akan menjadi lebih akurat
2. Data dapat dilacak (ditrace)
3. Data dapat dipertanggung jawabkan
karena bukti transaksi akan diupload
4. Lebih cepat dan lebih murah
5. Dapat dijalankan oleh banyak
orang
Kelemahannya :
1 Harus membutuhkan perangkat
keras/lunak
2 kalau terjadi kesalahan
membutuhkan waktu yang lama
3 membutuhkan operator yang
tau/mengerti tentang komputer Akuntansi
4 dibutuhkan ketelitian/kecermatan
3. Jelaskan tiga komponen dalm komputerisasi akuntansi
Komponen-komponen komputer yang
pertama adalah Hardware, atau yang lebih kita kenal dengan perangkat keras,
hardware merupakan perangkat yang secara fisik dapat dilihat dan diraba, jadi
setiap perangkat yang bisa terlihat secara fisik dapat diartikan hardware.
Perangkat keras atau hardware dibagi menjadi tiga, yaitu perangkat input yang
digunakan untuk memasukan instruksi seperti keyboard, mouse, selanjutnya
perangkat pemrosesan yaitu alat untuk mengolah
data atau instruksi yang dimasukan tadi seperti processor, RAM, dsb, yang
terakhir adalah perangkat output yang digunakan untuk memanifestasikan hasil
pengelolaan data atau instruksi tadi seperti monitor, printer, dan speaker,
ketiga perangkat tersebut bekerja dalam satu kesatuan yang saling berhubungan.
Komponen-komponen komputer yang kedua
adalah Software, atau perangkat lunak, software tidak sama dengan aplikasi
tetapi termasuk dalam bagian software, perangkat keras tidak dapat bekerja
apabila tidak ada software, software diartikan sebagai program-program dalam
komputer yang berfungsi untuk menjalankan hardwar. Software terdiri dari,
pertama sistem operasi, berfungsi untuk mengaktifkan perangkat yang ada di
dalam komputer agar terjadi sinkronisasi, sistem operasi misalnya, windows,
DOS, UNiX. Kedua adalah program aplikasi, program aplikasi bersifat lebih
khusus, yaitu hanya untuk melakukan pekerjaan tertentu, contoh; aplikasi MYOB,
digunakan untuk pekerjaan yang berkaitan dengan akuntansi, ketiga aplikasi
berpaket seperti Microsoft word, untuk
mengolah kata, yang bisa digunakan oleh semua orang untuk semua kepentingan, keempat aplikasi
utility, berfungsi sebagai aplikasi pelengkap untuk meningkatkan performance
komputer anda, dengan menutupi kekurangan-kekurangan pada perangkat keras
Komponen-komponen komputer yang ketiga
adalah brainware, brainware dapat juga diartikan sebagai user, atau pengguna
yaitu manusia, dari kesemua komponen-komponen yang telah dijelaskan diatas
semuanya tidak berguna apabila tidak ada yang menjalankannya,diawali dengan
proses input data, lalu diproses, dan dioperasikan oleh manusia untuk
menyelesaikan pekerjaannya, manusia diartikan sebagai perangkat intelektual
atau enduser merupakan pengguna
langsung yang berfungsi mengeksploitasi
dan mengoperasikan perangkat hardware dan software, jadi antara
hardware-software-brainware merupakan satu kesatuan yang saling berhubungan dan
disebut sebagai tri tunggal.
4. Jelaskan software akuntansi lain selain MYOB minimak 3
1. Microsoft Office Accounting
Express (MOAE)
MOAE sebenarnya merupakan program
promosi dari MOAP (Microsoft Office Accounting
Professional), sehingga anda bisa mendapatkannya secara gratis. Namun,
meskipun hanya sebuah program promosi gratis, MOAE cukup dapat diandalkan.
Tampilan antarmuka MOAE cukup detail dan sederhana, yang
membuatnya mudah digunakan. Untuk membuat laporan keuangan anda bisa langsung
menginput data transaksi dari nota, faktur, dkk tanpa perlu terlebih dahulu
membuat jurnalnya. Sangat mudah, bahkan jika anda tidak mengerti akuntansi,
dengan bantuan MOAE ada bisa membuat laporan keuangan dengan sangat baik.
Selain laporan keuangan, MOAE juga secara otomatis akan
menampilkan laporan lain yang akan kita perlukan untuk mengetahui kondisi
keuangan perusahaan. Kekurangan MOAE ada pada fitur perpajakannya yang tidak
memfasilitasi peraturan perpajakan di negri kita. Overall, MOAE sangat
recommended untuk anda yang membutuhkan software akuntansi namun hanya memiliki
budget Rp. 0,-
2. Krishand
Jika anda membutuhkan software
untuk membantu anda dalam hal pelaporan pajak, maka Krishand jawabannya.
Sofware yang mengkhususkan diri pada pelaporan pajak ini menyediakan formulir
pajak yang sesuai dengan peraturan pajak terbaru di negri kita, sehingga anda
tidak perlu lagi repot-repot menggunakan blanko pajak. Krishand dapat menghemat
waktu anda dengan membantu membuatkan laporan pajak yang akurat secara efektif
dan efisien.
Kelebihan lain Krishand adalah kemampuannya untuk menampilkan
semua berkas pajak dari yang terlama hingga terbaru yang kita simpan, sehingga
kita dapat mereviewnya dengan mudah. Degan fasilitas tersebut, anda juga tidak
perlu lagi repot-repot membongkar gudang arsip untuk dapat menemukant arsip
penting yang anda cari.
Selain laporan pajak, Krishand juga bisa digunakan untuk
membuat laporan lain, jadi anda tidak perlu menggunakan dua buah software untuk
membuat laporan keuangan perusahaan anda. Kelemahan Krishand ada pada
usabilitasnya yang kurang baik, serta permasalahan kepemilikannya.
3. Zahir Accounting
Sama seperti software akuntansi lain pada daftar ini, Zahir
Accounting memiliki UI yang user friendly. Fitur yang diberikan juga lengkap,
bahkan cenderung paling lengkap dibandingkan dengan yang lain. Kelebihan Zahir
Accounting adalah pada faktur dan laporannya yang bisa dimodifikasi sesuai
kebutuhan pengguna. Selain laporannya, fasilitas dan kapasitas program Zahir
juga dapat disesuaikan. Jadi saat membeli software ini anda bisa memilih untuk
hanya membeli paket standar dengan tambahan fasilitas tertentu, yang sesuai
dengan kebutuhan anda. Selain membuat harganya lebih murah, software juga akan
lebih ‘ramping’ karena tidak dibebani fitur-fitur yang tidak
berguna untuk anda.
Satu lagi kelebihan Zahir adalah analisa laporan keuangan
yang diberikannya. Dengan berbagai analisa yang diberikan software ini, anda
tentu akan terbantu dalam mengambil keputusan bisnis. Kekurangan Zahir
Accounting ada pada harga lisensinya yang cukup mahal, dan hanya memiliki satu
mata uang. Satu lagi, dalam perhitungan biaya persatuan seperti biaya perjam,
perburuh, dkk; tidak akan dihitung secara otomatis.
4. Omega Accounting
Omega Accounting adalah pilihan
yang baik jika anda adalah pemilik bisnis berbasis retail, distribusi, jasa,
makanan dan minuman, atau perhotelan. Program Omega Acc terdiri dari sistem
penjualan dan pembelian, dan tentu secara otomatis akan membuatkan laporan
keuangan. Laporan yang dihasilkan dapat diubah formatnya dan dikelompokkan
sesuai kebutuhan. Dalam hal input data, Omega Acc menyediakan formulir untuk
beberapa transaksi seperti stok opname, penjualan, pembelian, dan transaksi
yang sering digunakan lainnya. Satu lagi kelebihan software ini adalah dukungan
terhadap penggunaan beberapa mata uang, dan warehouse.
ang mirip MYOB, Accurate cukup user friendly. Kelebihannya
form dan laporan dalam Accurate bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan pengguna,
lalu fitur pajaknya juga support dengan kebijakan di Indonesia. Sitambah lagi
dukungannya terhadap multi: currency, user,
departemen, gudang, dan proyek.
Jika anda bosan dengan tampilan Accurate, anda dapat
mengganti skinnya sesuai selera. Ada beberapa pilihan skin yang disediakan.
Sayangnya pengguna hanya bisa login
sebagai supervisor, hanya bisa membuka database di hard drive lokal computer
juga tidak bisa melakukan migrasi.
5.Jelaskan langkah langkah mengumbah format tanggal dan mata
uang pada PC kalian
1. . Klik Setting
kemudian pilih Control Panel, Klik Clock, Language and Regional Options seperti
pada gambar berikut ini.

2.
Klik Clock, Language and Regional, kemudian pilih Region.

3. Kemudian pilih Indonesia, lalu klik OK

6.jelaskan langakh langkah membuka program MYOB
MEMBUKA DAN MENUTUP APLIKASI KOMPUTER AKUNTANSI
1.Klik Start MYOB
Accounting Plus Versi 18 atau double klik pada ikon MYOB dilayar komputer.

2. Sedangkan untuk menutup aplikasi
MYOB dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut


7. Jekaskan fungsi modul modul atau menu pada MYOB
a. Menu Account
Pengertian
Menu account adalah menu yang
digunakan untuk menginput, mengubah, menambah dan menghapus nama-nama perkiraan
yang digunakan dalam suatu perusahaan ( dagang, jasa, dan manufaktur ).
Fungsi
Fungsi dari menu account adalah
untuk :
• Untuk membuka jendela Account List yang memuat
informasi account yang sudah disediakan myob17.
• Membuka jendela Record Journal Entry, di mana dapat
memasukkan transaksi-transaksi sesuai dengan pembacaan jurnal umum.
• Untuk membuka jendela Transaction Journal, di mana
dapat melihat informasi atas seluruh transaksi sesuai dengan tanggal yang telah
ditentukan.
• Untuk menampilkan jendela Baslink, di mana kita
dapat menetapkan bussines account statement ( Pernyataan jenis bisnis ).
• Untuk menampilkan jendela Send To Myob Account
Office, dimana kita dapat menyimpan laporan keuangan perusahaan atau mengirim
selalu e-mail.
b. Menu Banking
Pengertian
Banking adalah model yang
digunakan untuk menulis cek yang dikeluarkan ataupun diterima perusahaan.
Fungsi menu-menu pada banking
adalah :
• Spend money
Dapat digunakan untuk
mencatat atau memasukkan beberapa penarikan cek dari akun-akun cek.
• Reconcile account
Dapat merekonsiliasi /
mencocokkan catatan bank dengan catatan perusahaan.
• Receive money
Dapat mencatat atau
memasukkan penerimaan dana yang melalui cek.
• Print cheques
Dapat mencetak cek-cek
yang anda buat dari jendela spend money
• Transaction journal
Dapat melihat semua
pengeluaran kas yang telah anda lakukan
• Prepare electronic payments
Dapat menyimpan transaksi
yang berhubungan dengan payments
• Prepare bank deposit
Dapat menyimpan transaksi
yang berhubungan dengan penerimaan dana melalui cek.
c. Menu sales
Sales
adalah seluruh aktivitas yang berkaitan dengan penjualan dan piutang dagang.
Fungsi
Fungsi menu-menu pada sales adalah :
• Sales
register
Dapat melihat daftar-daftar penjualan, penerimaan dari
penjualan, retur penjualan, dan daftar lain yang berhubungan dengan penjualan.
• Enter sales
Dapat mencatat transaksi penjualan yang sedang berlangsung
baik secara tunai maupun kredit.
• Receive
payments
Dapat mencatat penerimaan dari penjualan dan piutang usaha
dari konsumen yang dibayar kepada perusahaan.
• Print
statements
Dapat mencetak faktur-faktur penjualan yang belum terbayar
• Print
invoices
Dapat mencetak faktur-faktur penjualan yang anda catat di
sales – new service.
• Transaction
journal
Dapat melihat rincian jurnal pada tabulasi sales.
d. Menu Time Billing
Pengertian
Time billing adalah modul yang digunakan untuk menvatat
informasi aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan yang berhubungan dengan
penagihan untuk pegawai, pemasok, atau pelanggan.
Fungsi
Fungsi menu-menu pada Time Billing adalah :
• Activities
list
Dapat membuat informasi yang dilakukan perusahaan
• Enter
activity slip
Dapat mencatat slip aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan
sebagai catatan atau arsip
• Activity
log
Dapat menampilkan dan meninjau informasi aktivitas yang
telah dicatat oleh perusahaan
• Prepare
time billing invoice
Dapat mencetak faktur-faktur penagihan untuk pelanggan
• Transaction
journal
Dapat melihat rincian jurnal pembayaran atau penagihan dari
pelanggan pada tabulasi sales.
e. Menu Purchase
Pengertian
Purchase adalah modul yang dapat memasukkan pembelian,
mencatat pembelian berulang, menyiapkan pemesanan pembelian, menerima barang
dagang yang telah dipesan, memeriksa barang-barang yang dibeli agar sesuai
spensifikasi yang dipesan, melakukan pembayaran yang tepat waktu kepada pemasok
dan mengelola utang dagang secara rinci dan akurat.
Fungsi
Fungsi menu-menu pada purchase adalah :
• Preapare
electronic payment
Dapat memproses pembayaran atas pembelian
• Enter
purchase
Dapat mencatat transaksi pembelian yang sedang berlansung
baik secara tunai maupu kredit
• Paybills
Dapat mencatat pembayaran-pembayaran dari pembelian yang
belum terbayar (utang usaha) kepada pemasok
• Print
Purchase Orders
Dapat mencetak faktur-faktur pembelian yang belum terbayar
• Print
Cheque
Dapat mencetak cek yang berhubungan dengan pembelian,
pembayaran utang, serta retur pembelian
• Purchase
register
Dapat melihat hasil pencatatan pembayaran pembelian, dan
retur pembelian
• Transaction
journal
Dapat melihat rincian jurnal pembayaran atau penagihan dari
pelanggan pada tabulasi purchase.
f. Menu Payroll
Pengertian
Payroll adalah modul yang digunakan untuk mengatur daftar
penggajian karyawan dan transaksi-transaksi lain yang berkaitan dengan
penggajian.
Fungsi
Fungsi menu-menu pada payroll adalah :
• Payroll
categeories
Dapat membuat dan mengedit kategori-kategori gaji
• Pay
employee
Dapat mencatat dan mengedit gaji karyawan
• Print
paycheque
Dapat mencetak cek yang berhubungan dengan penggajian
• Print
payment summaries
Dapat mencetak faktur-faktur pembelian yang belum terbayar
• Prepare
electric payments
Dapat memproses pembayaran karyawan, uatang, dan pembayaran
lain yang melalui cek
• Transaction
journal
Dapat melihat rincian jurnal pembayaran atau penagihan dari
pelanggan pada tabulasi disbursement
g. Menu Inventory
Pengertian
Merupakan menu program yang digunakan untuk mengelola
persediaan secara tepat dan akurat di mana dapat mengecek barang-barang yang
dijual dan dengan pengaturan menajemen persediaan yang baik, mengelola jumlah
persediaan, nilai nominal suatu barang dagang serat penyusunannya, menetapkan
harga jual dan harag beli dan menyediakan atau merakit barang dagangan menjadi
satu satuan yang kompleks beserta harga yang ditetapkan.
Fungsi
Fungsi menu-menu pada inventory adalah :
• Set item
prices
Digunakan untuk menetapkan harga jual suatu barang
persediaan ( termasuk keuntungan )
• Item list
Digunakan untuk melihat barang-barang persediaan
• Count
inventory
Digunakan untuk memasukkan hasil perhitungan fisik
persediaan atau untuk melakukan penyesuaian nilai dan kuantitas sejumlah item
persediaan
• Adjust
inventory
Digunakan untuk melakukan penyesuaian atas nilai dan
kuantitas item-item persediaan
• Transfer
inventory
Digunakan untuk melakukan transfer kuantitas dan nilai antar
item-item persediaan
• Auto-build
inventory
Digunakan untuk merakit item akhir dari sejumlah komponen
• Transaction
journal
Digunakan untuk melihat perkiraan-perkiraan yang berhubungan
dengan keluar masuknya persediaan
• Item
register
Digunakan untuk menampilkan item-item persediaan barang baik
keseluruhan maupun per item.
h. Menu Card File
Pengertian
Adalah menu yang digunakan uantuk melihat daftar orang,
karyawan, ataupun perusahaan lain yang berhubungan dengan perusahaan anda.
Selain itu juga dapat menambah isi daftar anda bilamana pihak-pihak yang
berhubungan dengan bisnis anda bertambah.
Fungsi
Fungsi menu-menu pada card file adalah :
• Card list
Digunakan untuk membuat daftar nama orang atau perusahaan
yang sering berhubungan dengan bisnis anda dan dapat melihat daftar rincian
kartu yang pernah anda buat
• Contac log
Dapat melihat ringkasan dari seluruh kontak yang anda
lakukan
• Print
mailing labels
Dapat menetapkan dan mencetak file mailaing labels untuk
individu atau perusahaan awal yang terdapat pada file kartu
• Create
personalized letters
Dapat membuat file mail marge yang berisi informasi tentang
orang atau perusahaan pada file kartu.
0 comments:
Posting Komentar