KOMPUTERISASI AKUNTANSI MYOB

, , No Comments
NAMA KELOMPOK
ANGGOTA :
ERVIANA YULIANTI (12)
FARHANA NAZIL (13)
FATMA YADZA SYUHAZA MAINISA(14)
NISAUL MAGFIROH(24)
NUR AINI(27)
KELAS :XI AK 3

1. Jelaskan pengertian komputerisasi akuntansi
   Komputerisasi akuntansi adalah sebuah sistem akuntansi dimana komputer sebagai teknologi untuk menjalankan aplikasi yang digunakan dalam mengolah transaksi akuntansi dan sekaligus untuk menghasilkan laporan keuangan dalam sebuah perusahaan.

2. Sebutkan kelemahan dan kelebihan penerapan komputerisasi akuntansi
   Komputerisasi akuntansi menciptakan keunggulan
    1. Data akan menjadi lebih akurat
    2. Data dapat dilacak (ditrace)
    3. Data dapat dipertanggung jawabkan karena bukti transaksi akan diupload
    4. Lebih cepat dan lebih murah
    5. Dapat dijalankan oleh banyak orang
   Kelemahannya :
    1 Harus membutuhkan perangkat keras/lunak
    2 kalau terjadi kesalahan membutuhkan waktu yang lama
    3 membutuhkan operator yang tau/mengerti tentang komputer Akuntansi
    4 dibutuhkan ketelitian/kecermatan

3. Jelaskan tiga komponen dalm komputerisasi akuntansi
   Komponen-komponen komputer yang pertama adalah Hardware, atau yang lebih kita kenal dengan perangkat keras, hardware merupakan perangkat yang secara fisik dapat dilihat dan diraba, jadi setiap perangkat yang bisa terlihat secara fisik dapat diartikan hardware. Perangkat keras atau hardware dibagi menjadi tiga, yaitu perangkat input yang digunakan untuk memasukan instruksi seperti keyboard, mouse, selanjutnya perangkat pemrosesan  yaitu alat untuk mengolah data atau instruksi yang dimasukan tadi seperti processor, RAM, dsb, yang terakhir adalah perangkat output yang digunakan untuk memanifestasikan hasil pengelolaan data atau instruksi tadi seperti monitor, printer, dan speaker, ketiga perangkat tersebut bekerja dalam satu kesatuan yang saling berhubungan.

   Komponen-komponen komputer yang kedua adalah Software, atau perangkat lunak, software tidak sama dengan aplikasi tetapi termasuk dalam bagian software, perangkat keras tidak dapat bekerja apabila tidak ada software, software diartikan sebagai program-program dalam komputer yang berfungsi untuk menjalankan hardwar. Software terdiri dari, pertama sistem operasi, berfungsi untuk mengaktifkan perangkat yang ada di dalam komputer agar terjadi sinkronisasi, sistem operasi misalnya, windows, DOS, UNiX. Kedua adalah program aplikasi, program aplikasi bersifat lebih khusus, yaitu hanya untuk melakukan pekerjaan tertentu, contoh; aplikasi MYOB, digunakan untuk pekerjaan yang berkaitan dengan akuntansi, ketiga aplikasi berpaket seperti  Microsoft word, untuk mengolah kata, yang bisa digunakan oleh semua orang  untuk semua kepentingan, keempat aplikasi utility, berfungsi sebagai aplikasi pelengkap untuk meningkatkan performance komputer anda, dengan menutupi kekurangan-kekurangan pada perangkat keras

   


    Komponen-komponen komputer yang ketiga adalah brainware, brainware dapat juga diartikan sebagai user, atau pengguna yaitu manusia, dari kesemua komponen-komponen yang telah dijelaskan diatas semuanya tidak berguna apabila tidak ada yang menjalankannya,diawali dengan proses input data, lalu diproses, dan dioperasikan oleh manusia untuk menyelesaikan pekerjaannya, manusia diartikan sebagai perangkat intelektual atau enduser merupakan  pengguna langsung  yang berfungsi mengeksploitasi dan mengoperasikan perangkat hardware dan software, jadi antara hardware-software-brainware merupakan satu kesatuan yang saling berhubungan dan disebut  sebagai tri tunggal.

4. Jelaskan software akuntansi lain selain MYOB minimak 3
   1. Microsoft Office Accounting Express (MOAE)
       MOAE sebenarnya merupakan program promosi dari MOAP (Microsoft Office Accounting  Professional), sehingga anda bisa mendapatkannya secara gratis. Namun, meskipun hanya sebuah program promosi gratis, MOAE cukup dapat diandalkan.
Tampilan antarmuka MOAE cukup detail dan sederhana, yang membuatnya mudah digunakan. Untuk membuat laporan keuangan anda bisa langsung menginput data transaksi dari nota, faktur, dkk tanpa perlu terlebih dahulu membuat jurnalnya. Sangat mudah, bahkan jika anda tidak mengerti akuntansi, dengan bantuan MOAE ada bisa membuat laporan keuangan dengan sangat baik.
Selain laporan keuangan, MOAE juga secara otomatis akan menampilkan laporan lain yang akan kita perlukan untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan. Kekurangan MOAE ada pada fitur perpajakannya yang tidak memfasilitasi peraturan perpajakan di negri kita. Overall, MOAE sangat recommended untuk anda yang membutuhkan software akuntansi namun hanya memiliki budget Rp. 0,-
    2. Krishand
        Jika anda membutuhkan software untuk membantu anda dalam hal pelaporan pajak, maka Krishand jawabannya. Sofware yang mengkhususkan diri pada pelaporan pajak ini menyediakan formulir pajak yang sesuai dengan peraturan pajak terbaru di negri kita, sehingga anda tidak perlu lagi repot-repot menggunakan blanko pajak. Krishand dapat menghemat waktu anda dengan membantu membuatkan laporan pajak yang akurat secara efektif dan efisien.
Kelebihan lain Krishand adalah kemampuannya untuk menampilkan semua berkas pajak dari yang terlama hingga terbaru yang kita simpan, sehingga kita dapat mereviewnya dengan mudah. Degan fasilitas tersebut, anda juga tidak perlu lagi repot-repot membongkar gudang arsip untuk dapat menemukant arsip penting yang anda cari.
Selain laporan pajak, Krishand juga bisa digunakan untuk membuat laporan lain, jadi anda tidak perlu menggunakan dua buah software untuk membuat laporan keuangan perusahaan anda. Kelemahan Krishand ada pada usabilitasnya yang kurang baik, serta permasalahan kepemilikannya.
3. Zahir Accounting
Sama seperti software akuntansi lain pada daftar ini, Zahir Accounting memiliki UI yang user friendly. Fitur yang diberikan juga lengkap, bahkan cenderung paling lengkap dibandingkan dengan yang lain. Kelebihan Zahir Accounting adalah pada faktur dan laporannya yang bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan pengguna. Selain laporannya, fasilitas dan kapasitas program Zahir juga dapat disesuaikan. Jadi saat membeli software ini anda bisa memilih untuk hanya membeli paket standar dengan tambahan fasilitas tertentu, yang sesuai dengan kebutuhan anda. Selain membuat harganya lebih murah, software juga akan lebih ramping karena tidak dibebani fitur-fitur yang tidak berguna untuk anda.
Satu lagi kelebihan Zahir adalah analisa laporan keuangan yang diberikannya. Dengan berbagai analisa yang diberikan software ini, anda tentu akan terbantu dalam mengambil keputusan bisnis. Kekurangan Zahir Accounting ada pada harga lisensinya yang cukup mahal, dan hanya memiliki satu mata uang. Satu lagi, dalam perhitungan biaya persatuan seperti biaya perjam, perburuh, dkk; tidak akan dihitung secara otomatis.
    4. Omega Accounting
        Omega Accounting adalah pilihan yang baik jika anda adalah pemilik bisnis berbasis retail, distribusi, jasa, makanan dan minuman, atau perhotelan. Program Omega Acc terdiri dari sistem penjualan dan pembelian, dan tentu secara otomatis akan membuatkan laporan keuangan. Laporan yang dihasilkan dapat diubah formatnya dan dikelompokkan sesuai kebutuhan. Dalam hal input data, Omega Acc menyediakan formulir untuk beberapa transaksi seperti stok opname, penjualan, pembelian, dan transaksi yang sering digunakan lainnya. Satu lagi kelebihan software ini adalah dukungan terhadap penggunaan beberapa mata uang, dan warehouse.
ang mirip MYOB, Accurate cukup user friendly. Kelebihannya form dan laporan dalam Accurate bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan pengguna, lalu fitur pajaknya juga support dengan kebijakan di Indonesia. Sitambah lagi dukungannya terhadap multi: currency, user,  departemen, gudang, dan proyek.
Jika anda bosan dengan tampilan Accurate, anda dapat mengganti skinnya sesuai selera. Ada beberapa pilihan skin yang disediakan. Sayangnya  pengguna hanya bisa login sebagai supervisor, hanya bisa membuka database di hard drive lokal computer juga tidak bisa melakukan migrasi.

5.Jelaskan langkah langkah mengumbah format tanggal dan mata uang pada PC kalian
 1. . Klik Setting kemudian pilih Control Panel, Klik Clock, Language and Regional Options seperti pada gambar berikut ini.
Description: E:\MYOB\Untitled 9.png
2. Klik Clock, Language and Regional, kemudian pilih Region.
Description: E:\MYOB\Untitled 10.png
3. Kemudian pilih Indonesia, lalu klik OK
Description: E:\MYOB\Untitled 12.png

6.jelaskan langakh langkah membuka program MYOB
MEMBUKA DAN MENUTUP APLIKASI KOMPUTER AKUNTANSI
1.Klik Start      MYOB Accounting Plus Versi 18 atau double klik pada ikon MYOB dilayar komputer. 
Description: E:\MYOB\Untitled 13.png
2. Sedangkan untuk menutup aplikasi MYOB dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut
Description: E:\MYOB\Untitled 15.pngDescription: E:\MYOB\Untitled 16.png

7. Jekaskan fungsi modul modul atau menu pada MYOB
   a. Menu Account
    Pengertian
         Menu account adalah menu yang digunakan untuk menginput, mengubah, menambah dan menghapus nama-nama perkiraan yang digunakan dalam suatu perusahaan ( dagang, jasa, dan manufaktur ).
    Fungsi
      Fungsi dari menu account adalah untuk :
       Untuk membuka jendela Account List yang memuat informasi account yang sudah disediakan myob17.
       Membuka jendela Record Journal Entry, di mana dapat memasukkan transaksi-transaksi sesuai dengan pembacaan jurnal umum.
       Untuk membuka jendela Transaction Journal, di mana dapat melihat informasi atas seluruh transaksi sesuai dengan tanggal yang telah ditentukan.
       Untuk menampilkan jendela Baslink, di mana kita dapat menetapkan bussines account statement ( Pernyataan jenis bisnis ).
        Untuk menampilkan jendela Send To Myob Account Office, dimana kita dapat menyimpan laporan keuangan perusahaan atau mengirim selalu e-mail.
     b. Menu Banking
       Pengertian
             Banking adalah model yang digunakan untuk menulis cek yang dikeluarkan ataupun diterima perusahaan.


           Fungsi menu-menu pada banking adalah :
            Spend money
             Dapat digunakan untuk mencatat atau memasukkan beberapa penarikan cek dari akun-akun cek.
             Reconcile account
              Dapat merekonsiliasi / mencocokkan catatan bank dengan catatan perusahaan.
            Receive money
              Dapat mencatat atau memasukkan penerimaan dana yang melalui cek.
            Print cheques
              Dapat mencetak cek-cek yang anda buat dari jendela spend money
            Transaction journal
              Dapat melihat semua pengeluaran kas yang telah anda lakukan
            Prepare electronic payments
              Dapat menyimpan transaksi yang berhubungan dengan payments
            Prepare bank deposit
              Dapat menyimpan transaksi yang berhubungan dengan penerimaan dana melalui cek.
     c. Menu sales
Sales adalah seluruh aktivitas yang berkaitan dengan penjualan dan piutang dagang.
Fungsi
Fungsi menu-menu pada sales adalah :
Sales register
Dapat melihat daftar-daftar penjualan, penerimaan dari penjualan, retur penjualan, dan daftar lain yang berhubungan dengan penjualan.
Enter sales
Dapat mencatat transaksi penjualan yang sedang berlangsung baik secara tunai maupun kredit.
Receive payments
Dapat mencatat penerimaan dari penjualan dan piutang usaha dari konsumen yang dibayar kepada perusahaan.
Print statements
Dapat mencetak faktur-faktur penjualan yang belum terbayar
Print invoices
Dapat mencetak faktur-faktur penjualan yang anda catat di sales new service.
Transaction journal
Dapat melihat rincian jurnal pada tabulasi sales.
d. Menu Time Billing
Pengertian
Time billing adalah modul yang digunakan untuk menvatat informasi aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan yang berhubungan dengan penagihan untuk pegawai, pemasok, atau pelanggan.
Fungsi
Fungsi menu-menu pada Time Billing adalah :
Activities list
Dapat membuat informasi yang dilakukan perusahaan
Enter activity slip
Dapat mencatat slip aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan sebagai catatan atau arsip
Activity log
Dapat menampilkan dan meninjau informasi aktivitas yang telah dicatat oleh perusahaan
Prepare time billing invoice
Dapat mencetak faktur-faktur penagihan untuk pelanggan
Transaction journal
Dapat melihat rincian jurnal pembayaran atau penagihan dari pelanggan pada tabulasi sales.
e. Menu Purchase
Pengertian
Purchase adalah modul yang dapat memasukkan pembelian, mencatat pembelian berulang, menyiapkan pemesanan pembelian, menerima barang dagang yang telah dipesan, memeriksa barang-barang yang dibeli agar sesuai spensifikasi yang dipesan, melakukan pembayaran yang tepat waktu kepada pemasok dan mengelola utang dagang secara rinci dan akurat.
Fungsi
Fungsi menu-menu pada purchase adalah :
Preapare electronic payment
Dapat memproses pembayaran atas pembelian
Enter purchase
Dapat mencatat transaksi pembelian yang sedang berlansung baik secara tunai maupu kredit
Paybills
Dapat mencatat pembayaran-pembayaran dari pembelian yang belum terbayar (utang usaha) kepada pemasok
Print Purchase Orders
Dapat mencetak faktur-faktur pembelian yang belum terbayar
Print Cheque
Dapat mencetak cek yang berhubungan dengan pembelian, pembayaran utang, serta retur pembelian
Purchase register
Dapat melihat hasil pencatatan pembayaran pembelian, dan retur pembelian
Transaction journal
Dapat melihat rincian jurnal pembayaran atau penagihan dari pelanggan pada tabulasi purchase.
f. Menu Payroll
Pengertian
Payroll adalah modul yang digunakan untuk mengatur daftar penggajian karyawan dan transaksi-transaksi lain yang berkaitan dengan penggajian.
Fungsi
Fungsi menu-menu pada payroll adalah :
Payroll categeories
Dapat membuat dan mengedit kategori-kategori gaji
Pay employee
Dapat mencatat dan mengedit gaji karyawan
Print paycheque
Dapat mencetak cek yang berhubungan dengan penggajian
Print payment summaries
Dapat mencetak faktur-faktur pembelian yang belum terbayar
Prepare electric payments
Dapat memproses pembayaran karyawan, uatang, dan pembayaran lain yang melalui cek
Transaction journal
Dapat melihat rincian jurnal pembayaran atau penagihan dari pelanggan pada tabulasi disbursement
g. Menu Inventory
Pengertian
Merupakan menu program yang digunakan untuk mengelola persediaan secara tepat dan akurat di mana dapat mengecek barang-barang yang dijual dan dengan pengaturan menajemen persediaan yang baik, mengelola jumlah persediaan, nilai nominal suatu barang dagang serat penyusunannya, menetapkan harga jual dan harag beli dan menyediakan atau merakit barang dagangan menjadi satu satuan yang kompleks beserta harga yang ditetapkan.
Fungsi
Fungsi menu-menu pada inventory adalah :
Set item prices
Digunakan untuk menetapkan harga jual suatu barang persediaan ( termasuk keuntungan )
Item list
Digunakan untuk melihat barang-barang persediaan
Count inventory
Digunakan untuk memasukkan hasil perhitungan fisik persediaan atau untuk melakukan penyesuaian nilai dan kuantitas sejumlah item persediaan
Adjust inventory
Digunakan untuk melakukan penyesuaian atas nilai dan kuantitas item-item persediaan
Transfer inventory
Digunakan untuk melakukan transfer kuantitas dan nilai antar item-item persediaan
Auto-build inventory
Digunakan untuk merakit item akhir dari sejumlah komponen
Transaction journal
Digunakan untuk melihat perkiraan-perkiraan yang berhubungan dengan keluar masuknya persediaan
Item register
Digunakan untuk menampilkan item-item persediaan barang baik keseluruhan maupun per item.
h. Menu Card File
Pengertian
Adalah menu yang digunakan uantuk melihat daftar orang, karyawan, ataupun perusahaan lain yang berhubungan dengan perusahaan anda. Selain itu juga dapat menambah isi daftar anda bilamana pihak-pihak yang berhubungan dengan bisnis anda bertambah.
Fungsi
Fungsi menu-menu pada card file adalah :
Card list
Digunakan untuk membuat daftar nama orang atau perusahaan yang sering berhubungan dengan bisnis anda dan dapat melihat daftar rincian kartu yang pernah anda buat
Contac log
Dapat melihat ringkasan dari seluruh kontak yang anda lakukan
Print mailing labels
Dapat menetapkan dan mencetak file mailaing labels untuk individu atau perusahaan awal yang terdapat pada file kartu
Create personalized letters
Dapat membuat file mail marge yang berisi informasi tentang orang atau perusahaan pada file kartu.


0 comments:

Posting Komentar