1.Pengertian
Komputer Akuntansi
Komputerisasi akuntansi adalah sebuah sistem akuntansi dimana
komputer sebagai teknologi untuk menjalankan aplikasi yang digunakan dalam
mengolah transaksi akuntansi dan sekaligus untuk menghasilkan laporan keuangan
dalam sebuah perusahaan.
2.Kelebihan
dan Kelemahan penerapan komputerisasi akuntansi
-Kelebihan Penerapan
Komputerisasi Akuntansi
a. User
friendly ( mudah digunakan ) bahkan oleh orang awam yang tidak mempunyai
pengetahuan mendasar tentang akuntansi.
b. Tingkat keamanan yang ukup valid untuk
setiap user.
c. Kemampuan
eksplorasi semua laporan ke program excel tanpa melalui proses ekspor/impor
file yang merepotkan.
d. Kemampuan
trash back semua laporan ke sumber dokumen dan sumber transaksi.
e. Dapat
diaplikasikan untuk IOS jenis perusahaan yang telah direkomendasikan.
f. Menampilkan
laporan keuangan komparasi ( perbandingan, serta menampilkan analisis laporan
dalam bentuk gafik ).
g. Mudah
dipahami dan digunakan bisa diajarkan
kepada semua SMK/SMA dan mahasiswa maupun dipelajari oleh user secara mandiri
untuk aplikasi langsung dalam pengolahan perusahaan.
h. Bisa
ditetapkan unuk jenis usaha yang ada di Indonesia, baik untuk skala kecil,
menengah dan besar.
-Kekurangan Penerapan
Komputerisasi Akuntansi
a. Tidak ada
module fixed assets, sehingga apabila perusahaa memerlukan modul untuk
mengelola assets yang dimiliki maka harus membeli add on lagi.
b. Tidak ada
module intercompany reporting, sehingga apabila perusahaan memerlukan modul
untuk membuat laporan keuangan konsolidasi maka harus membeli add on lagi.
c. Kelemahan
multi ware house yang mengakibatkan pengolahan atas barang konsinyasi relatif
sulit dikelola di dalam MYOB.
d. Tidak dapat digunakan untuk mengelola
perusahaan dengan multi company artinya laporan konsolidasi tidak dapat
diharapkan dapat dibuat dengan MYOB.
e. Data base
myob merupakan file based sehingga kurang optimal jika digunakan untuk
transaksiyang besar dan kompeks. Isu terbaru MYOB akan menggunakan server based
untuk databasednya sehingga optimalisasi data lebih realistis.
3. Komponen Dalam
Komputerisasi Akuntansi
Sitem informasi akuntansi terdiri dari 5 komponen, yaitu :
1. Orang-orang
yang mengoperasikan sistem tersebut dan melaksanakan berbagai fungsi.
2.
Prosedur-prosedur baik manual maupun yang terotomatisasi, yang
dilibatkan dalam mengumpulkan, memperoses, dan menyimpan data tentang
aktivitas-aktivitas organisasi.
3. Data tentang
proses-proses bisnis organisasi.
4. Software
yang dipakai untuk memproses data dan organissi.
5.
Infrastruktur teknologi informasi, termasuk komputer, peralatan
pendukung ( perip heral device ) dan peralatan untuk komunikasi jaringan.
4. Software Akuntansi
1.ACCURATE V3
Standard
Software akuntansi dengan modul Account Payable, Account
Receivable, Inventory, dan General Ledger yang terintegrasi. Dalam versi
Standard, kami memberikan 2 (dua) license. Artinya, 2 user/client bisa menginput
ke dalam 1 (satu) database dalam waktu yang bersamaan. Ada banyak fitur yang
tersedia di Accurate 3. Fitur besar yang terdapat di versi ini adalah:
1. Pajak masukan di
modul pembelian (Purchase order dan Purchase Invoice)
2. Harga satuan yang
termasuk pajak (Inclusive Tax) di semua form yang ada hubungan dengan pajak
(PPN).
3. Template untuk
semua form dengan designer yang lebih mudah dan field-field yang lebih lengkap
4. Ongkos kirim
(Freight) untuk modul pembelian dan penjualan
5. Sepuluh buah
custom field yang tersedia di semua form yang berhubungan dengan item.
6. Perhitungan
komisi Saleman yang lebih lengkap.
7. Penambahan modul
Rekonsiliasi Bank.
2. Software akuntansi
Pos
Untuk para pengusaha retail dapat menggunakan software ini.
Fungsi dari software akuntansi Pos Versi 5.1 adalah sebagai software kasir yang
dirancang khusus dengan menonjolkan kemudahan dalam pengoprasiannya sekaligus
mengoptimalkan efisiensi dan efektifitas pekerjaan anda.
3. Payroll
software akuntansi Payroll Versi.1.0 ialah software akuntansi
yang berguna untuk pengelolaan data-data karyawan sekaligus mengelola sistem
penggajian para karyawan, mencetak pay slip (slip gaji), penghitungan pajak
karyawan sampai dengan proses pembuatan laporan pajak semua dilakukan secara
otomatis dan sistematis.
4. SAGE ACCPAC ERP
Adalah sebuah sistem akuntansi yang dikembangkan dengan
arsitektur kelas dunia dan telah memenangkan berbagai penghargaan. Didesain
untuk memenuhi kebutuhan perusahaan baik besar maupun kecil, Sage Accpac ERP
dapat dijalankan dengan menggunakan berbagai pilihan database. Sage Accpac ERP
memenuhi kebutuhan perusahaan akan suatu aplikasi manajemen bisnis end-to-end
yang terintegrasi penuh. Sage Accpac ERP memberikan fungsionalitas kerja yang
lebih baik dengan kinerja yang tinggi dan kebebasan pilihan bagi penggunanya.
5. MYOB ACCOUNTING 17
MYOB (Mind Your Own
Business) Accounting merupakan software olah data akuntansi secara
terpadu (integrated software), yaitu proses pencatatan data transaksi akuntansi
dilakukan dengan cara mengentri data transaksi melalui media formulir yang
terdapat dalam command centre, kemudian program MYOB akan memproses secara
otomatis, cepat, tepat, dan terpadu ke dalam seluruh catatan akuntansi dan
berakhir dengan laporan keuangan. MYOB Accounting dapat diterapkan pada
berbagai jenis perusahaan, baik bidang jasa, dagang (retail) maupun industri
(pengolahan), dan pertanian serta usaha-usaha yang lain.
Software ini dibuat oleh MYOB Limited Australia dan sudah
dipakai di berbagai Negara, baik di Eropa, Amerika, Kanada, dan Asia.
6. K-SYSTEM INDONESIA
K-System Indonesia adalah program terpadu operasional dan
akuntansi yang di design khusus untuk kondisi Indonesia. Banyak perusahaan
ingin melakukan komputerisasi karena dapat mempercepat operasional dan
mempermudah kontrol. Data cukup diisi 1x dibagian operasional, faktur dicetak
dari komputer dan proses pembukuan selanjutnya secara otomatis dikerjakan oleh
komputer. Laporan yang dibutuhkanpun tersedia setiap saat.
7.KRISHAND
merupakan software database
yang membantu Anda di dalam mempersiapkan formulir-formulir pajak.
Dengan menggunakan software ini, persiapan pelaporan pajak Anda menjadi praktis
dan efisien tanpa perlu dipusingkan oleh masalah-masalah seperti salah hitung,
salah ketik ataupun kesalahan sepele lainnya. Software Krishand bukan hanya
sekedar software pelaporan pajak, tetapi memberikan nilai lebih dari itu.
Banyak laporan internal yang disediakan untuk membantu Anda menganalisa data
yang telah diinput. Untuk membantu Anda melakukan pekerjaan seminimal mungkin,
software Krishand dapat dimodifikasi untuk disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda seperti setting
print out pada blanko SSP atau Faktur Pajak, impor data penjualan untuk pembuatan
Faktur Pajak secara otomatis, impor data Faktur Pajak Keluaran maupun Masukan
dari file Excel, impor data PPh untuk pembuatan Bukti.
8. EZ TrackMoney
EZ TrackMoney adalah
software untuk mengelola keuangan pribadi dan keluarga.
Dengan software ini anda dapat mencatat pemasukan dan pengeluaran,
hutang, piutang, aset serta investasi anda. Anda juga dapat membuat anggaran
keuangan, melakukan perencanaan keuangan, dan juga melihat neraca keuangan
keluarga anda.
Selain itu software ini juga dilengkapi dengan penasihat
keuangan serta kalkulator finansial. Penasihat keuangan akan menampilkan
kondisi keuangan anda antara lain total aset, total hutang, total pendapatan,
kekayaan bersih, biaya hidup perbulan dll, dan selanjutnya akan memberikan
analisa dan saran terhadap rasio keuangan anda.
Sedangkan kalkulator finansial berisikan kalkulator untuk
menghitung dana pendidikan, dana pensiun, nilai uang, nilai investasi, kredit
pinjaman dan zakat.
Software ini merupakan paket aplikasi hasil karya Indonesia
yang handal, mudah dan dengan harga terjangkau serta tidak kalah dengan
Software Manajemen keuangan pribadi lainnya khususnya software sejenis dari
luar negeri.
5.Langkah-langkah Mengubah format tanggal dan mata
uang pada PC kalian
a.PIlih control panel

b.Pilih “clock,Language,and
region”

c.Kemudian pilih “date and time”
untuk mengubah tanggal dan waktu

d.Jika sudah yakin benar, klik
“OK”

e.Kemudian pada Region and
Language pilih “change location”

f.Pada menu atas pilih “formats”

g.Pilih bahasa yang di inginkan

6.Langkah-langkah membuka program MYOB
a.Klik ICON MYOB 2 kali untuk membuka

b.Jika ingin membuka data perusahaan yang sudah dibuat sebelumnya klik
”open”

c.Pilih File yang di butuhkan

d.Gunakan menu create jika ingin membuat data perusahaan baru

e.Pada pilihan menu sebelah kiri pilih “introduction” kemudian “next”

f. Isi ‘company name’ dengan nama perusahaan
‘Address’ dengan alamat perusahaan
Dan juga ‘Phone Number’
Kemudian next

7. Fungsi Modul-Modul
atau Menu Pada Myob
a. Menu Account
Pengertian
Menu account adalah menu yang digunakan untuk menginput,
mengubah, menambah dan menghapus nama-nama perkiraan yang digunakan dalam suatu
perusahaan ( dagang, jasa, dan manufaktur ).
Fungsi
Fungsi dari menu account adalah untuk :
• Untuk membuka jendela Account List yang memuat informasi
account yang sudah disediakan myob17.
• Membuka jendela Record Journal Entry, di mana dapat
memasukkan transaksi-transaksi sesuai dengan pembacaan jurnal umum.
• Untuk membuka jendela Transaction Journal, di mana dapat
melihat informasi atas seluruh transaksi sesuai dengan tanggal yang telah
ditentukan.
• Untuk menampilkan jendela Baslink, di mana kita dapat
menetapkan bussines account statement ( Pernyataan jenis bisnis ).
• Untuk menampilkan jendela Send To Myob Account Office,
dimana kita dapat menyimpan laporan keuangan perusahaan atau mengirim selalu
e-mail.
b. Menu Banking
Pengertian
Banking adalah model yang digunakan untuk menulis cek yang
dikeluarkan ataupun diterima perusahaan.
Fungsi
Fungsi menu-menu pada banking adalah :
• Spend money
Dapat digunakan untuk mencatat atau memasukkan beberapa
penarikan cek dari akun-akun cek.
• Reconcile account
Dapat merekonsiliasi / mencocokkan catatan bank dengan
catatan perusahaan.
• Receive money
Dapat mencatat atau memasukkan penerimaan dana yang melalui
cek.
• Print cheques
Dapat mencetak cek-cek yang anda buat dari jendela spend
money
• Transaction journal
Dapat melihat semua pengeluaran kas yang telah anda lakukan
• Prepare electronic payments
Dapat menyimpan transaksi yang berhubungan dengan payments
• Prepare bank deposit
Dapat menyimpan transaksi yang berhubungan dengan penerimaan
dana melalui cek.
c. Menu sales
Sales adalah seluruh aktivitas yang berkaitan dengan
penjualan dan piutang dagang.
Fungsi
Fungsi menu-menu pada sales adalah :
• Sales register
Dapat melihat daftar-daftar penjualan, penerimaan dari
penjualan, retur penjualan, dan daftar lain yang berhubungan dengan penjualan.
• Enter sales
Dapat mencatat transaksi penjualan yang sedang berlangsung
baik secara tunai maupun kredit.
• Receive payments
Dapat mencatat penerimaan dari penjualan dan piutang usaha
dari konsumen yang dibayar kepada perusahaan.
• Print statements
Dapat mencetak faktur-faktur penjualan yang belum terbayar
• Print invoices
Dapat mencetak faktur-faktur penjualan yang anda catat di
sales – new service.
• Transaction journal
Dapat melihat rincian jurnal pada tabulasi sales.
d. Menu Time Billing
Pengertian
Time billing adalah modul yang digunakan untuk menvatat
informasi aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan yang berhubungan dengan
penagihan untuk pegawai, pemasok, atau pelanggan.
Fungsi
Fungsi menu-menu pada Time Billing adalah :
• Activities list
Dapat membuat informasi yang dilakukan perusahaan
• Enter activity slip
Dapat mencatat slip aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan
sebagai catatan atau arsip
• Activity log
Dapat menampilkan dan meninjau informasi aktivitas yang
telah dicatat oleh perusahaan
• Prepare time billing invoice
Dapat mencetak faktur-faktur penagihan untuk pelanggan
• Transaction journal
Dapat melihat rincian jurnal pembayaran atau penagihan dari
pelanggan pada tabulasi sales.
e. Menu Purchase
Pengertian
Purchase adalah modul yang dapat memasukkan pembelian,
mencatat pembelian berulang, menyiapkan pemesanan pembelian, menerima barang
dagang yang telah dipesan, memeriksa barang-barang yang dibeli agar sesuai
spensifikasi yang dipesan, melakukan pembayaran yang tepat waktu kepada pemasok
dan mengelola utang dagang secara rinci dan akurat.
Fungsi
Fungsi menu-menu pada purchase adalah :
• Preapare electronic payment
Dapat memproses pembayaran atas pembelian
• Enter purchase
Dapat mencatat transaksi pembelian yang sedang berlansung
baik secara tunai maupu kredit
• Paybills
Dapat mencatat pembayaran-pembayaran dari pembelian yang
belum terbayar (utang usaha) kepada pemasok
• Print Purchase Orders
Dapat mencetak faktur-faktur pembelian yang belum terbayar
• Print Cheque
Dapat mencetak cek yang berhubungan dengan pembelian,
pembayaran utang, serta retur pembelian
• Purchase register
Dapat melihat hasil pencatatan pembayaran pembelian, dan
retur pembelian
• Transaction journal
Dapat melihat rincian jurnal pembayaran atau penagihan dari
pelanggan pada tabulasi purchase.
f. Menu Payroll
Pengertian
Payroll adalah modul yang digunakan untuk mengatur daftar
penggajian karyawan dan transaksi-transaksi lain yang berkaitan dengan
penggajian.
Fungsi
Fungsi menu-menu pada payroll adalah :
• Payroll categeories
Dapat membuat dan mengedit kategori-kategori gaji
• Pay employee
Dapat mencatat dan mengedit gaji karyawan
• Print paycheque
Dapat mencetak cek yang berhubungan dengan penggajian
• Print payment summaries
Dapat mencetak faktur-faktur pembelian yang belum terbayar
• Prepare electric payments
Dapat memproses pembayaran karyawan, uatang, dan pembayaran
lain yang melalui cek
• Transaction journal
Dapat melihat rincian jurnal pembayaran atau penagihan dari
pelanggan pada tabulasi disbursement
g. Menu Inventory
Pengertian
Merupakan menu program yang digunakan untuk mengelola
persediaan secara tepat dan akurat di mana dapat mengecek barang-barang yang
dijual dan dengan pengaturan menajemen persediaan yang baik, mengelola jumlah
persediaan, nilai nominal suatu barang dagang serat penyusunannya, menetapkan
harga jual dan harag beli dan menyediakan atau merakit barang dagangan menjadi
satu satuan yang kompleks beserta harga yang ditetapkan.
Fungsi
Fungsi menu-menu pada inventory adalah :
• Set item prices
Digunakan untuk menetapkan harga jual suatu barang
persediaan ( termasuk keuntungan )
• Item list
Digunakan untuk melihat barang-barang persediaan
• Count inventory
Digunakan untuk memasukkan hasil perhitungan fisik
persediaan atau untuk melakukan penyesuaian nilai dan kuantitas sejumlah item
persediaan
• Adjust inventory
Digunakan untuk melakukan penyesuaian atas nilai dan
kuantitas item-item persediaan
• Transfer inventory
Digunakan untuk melakukan transfer kuantitas dan nilai antar
item-item persediaan
• Auto-build inventory
Digunakan untuk merakit item akhir dari sejumlah komponen
• Transaction journal
Digunakan untuk melihat perkiraan-perkiraan yang berhubungan
dengan keluar masuknya persediaan
• Item register
Digunakan untuk menampilkan item-item persediaan barang baik
keseluruhan maupun per item.
h. Menu Card File
Pengertian
Adalah menu yang digunakan uantuk melihat daftar orang,
karyawan, ataupun perusahaan lain yang berhubungan dengan perusahaan anda.
Selain itu juga dapat menambah isi daftar anda bilamana pihak-pihak yang
berhubungan dengan bisnis anda bertambah.
Fungsi
Fungsi menu-menu pada card file adalah :
• Card list
Digunakan untuk membuat daftar nama orang atau perusahaan
yang sering berhubungan dengan bisnis anda dan dapat melihat daftar rincian
kartu yang pernah anda buat
• Contac log
Dapat melihat ringkasan dari seluruh kontak yang anda
lakukan
• Print mailing labels
Dapat menetapkan dan mencetak file mailaing labels untuk
individu atau perusahaan awal yang terdapat pada file kartu
• Create personalized letters
Dapat membuat file mail marge yang berisi informasi tentang
orang atau perusahaan pada file kartu.
0 comments:
Posting Komentar